20 September 2011

Patarsono

7 Keajaiban Dunia Dalam Tubuh Manusia

Kita tidak menyadari bahwa banyak keajaiban yang ada di sekitar tubuh kita. Berikut ini adalah 7 keajaiban dalam tubuh manusia :

1. Jantung
Jantung terdiri dari otot yang kuat yang besarnya kira-kira sebesar kepal tangan orang dewasa. Jantung merupakan alat pemompa darah dari dan ke seluruh tubuh. Jantung tidak pernah berhenti memompa darah. Selama hidupnya jantung dapat memompa darah sebanyak 200 miliar liter atau banyaknya dapat mengisi Taman New york setinggi 15 meter. Kerja jantung sungguh luar biasa, hanya memerlukan waktu sekitar 90 detik untuk memompa darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah yang panjangnya 100.000 kilo meter, atau setara dengan panjang dua kali keliling bumi. Jantung setiap harinya menghabiskan energi yang besarnya cukup untuk mengangkat benda seberat hampir 1 ton ke ketinggian 13 meter. Pada umur 50 tahun jantung seseorang telah melakukan kerja yang setara dengan mengangkat benda seberat 18.000 ton ke ketinggian 230 km. Berat itu sendiri beberapa kali lebih berat di banding muatan terberat yang pernah di tempatkan di orbit bumi.

2. Pergantian Sel Tubuh
Saat kita membaca tulisan ini, sebenarnya sedang ada sekitar 50 ribu sel yang mati di dalam tubuh kita. Tapi, di saat yang sama, lahir pula 50 ribu sel baru yang menggantikannya (kecuali di otak, yang tidak bisa menumbuhkan sel baru). Wow, ternyata tubuh kita aktif banget, ya? Di saat yang sama, untuk mencerna isi kalimat ini, pesan tersebut disampaikan ke otak dengan kecepatan mencapai 250 mil per jam!

3. Kulit
Satu inci persegi atau 6,25 persegi kulit, dua kali luas kuku ibu jari; mengandung 645 kelenjar keringat, 25 meter saraf dan lebih dari 1.000 ujung saraf, 65 penghasil minyak serta, 6 meter pembuluh darah. Satu orang manusia mempunyai organisme hidup yang lebih banyak daripada jumlah seluruh manusia di bumi. Soalnya, dalam 1 inci persegi tubuh manusia, ternyata merupakan tempat tinggal bagi kira-kira 32 juta bakteria!

4. Mulut
Pernah makan makanan panas dan dingin, kan? Seberapa pun panas atau dinginnya makanan tersebut, tapi lidah kita masih bisa menerimanya. Hal ini disebabkan karena mulut kita menyesuaikan suhu makanan tersebut menjadi suhu normal, sehingga akhirnya bisa kita telan. Maksudnya, si mulut akan mendinginkan si makanan panas, dan menghangatkan si makanan dingin. Wah, ternyata mulut kita tak ubahnya seperti microwave dan kulkas, nih.

5. Self-healing
Tubuh kita ternyata tak ubahnya seperti Claire Bennet di serial Heroes yang bisa menyembuhkan dirinya sendiri. Soalnya, setiap luka kita pasti akan sembuh, dan tubuh kita mempunyai ”keajaiban” untuk membentuk bagian tubuh yang baru. Misalnya nih, kaki kita terluka dalam karena terantuk batu. Lama-kelamaan, sel-sel di tubuh akan membentuk jaringan daging dan kulit baru untuk menutupi bekas luka tersebut. Namun demikian, ternyata ada satu bagian tubuh yang nggak bisa menyembuhkan dirinya sendiri lho, yaitu gigi. Kalau gigi tetap kita copot, jangan harap akan tumbuh gigi baru.

6. Mata
Mata manusia tergolong sangat peka, karena pada suatu kondisi ideal ia bisa mendeteksi dari sebuah puncak gunung di malam dari nyala sebatang korek api pada jarak 80 km. Diperlukan tempo seperlima ratus detik bagi otak untuk mengenali suatu benda setelah cahaya dari benda itu masuk ke mata untuk pertama kalinya.

7. Thе Golden Ratio.
Setiap bagian tubuh manusia ternyata merupakan hitungan matematika. Believe іt οr nοt, Fibonacci numbers yang kita jumpai di buku Da Vinci Code, ternyata juga ada di tubuh kita sendiri. Bilangan Phi (1:1,618) adalah angka yang akan kita dapatkan setiap kali kita mengukur setiap inci tubuh kita. Coba deh perhatikan ruas jari tangan kita. Ruas kedua dari ujung berukuran 1,618 kali lebih panjang dari ruas terujung, begitu seterusnya. Rumus phi ini juga kita temui di wajah kita. Panjang hidung kita berbanding 1:1,618 dibanding lebar mulut dari ujung ke ujung. Gigi terdepan dengan gigi di sebelahnya juga berukuran 1,1618 kali lebih besar. Inilah yang disebut dengan Thе Golden Ratio.

Baca juga artikel ini :


·         7 KEAJAIBAN DUNIA TEMPO DULU
·         Tempat Terbasah Di Bumi
·         Titik Terendah Di Bumi
·         Tempat Terdingin Di Bumi
·         Tempat Terpanas Di Bumi
·         12 Keajaiban Bumi
·         Kuil Angkor Wat, Kamboja
·          

Patarsono

About Patarsono -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :