07 October 2011

Patarsono

Kuil Angkor Wat, Kamboja

Kuil angkor Wat merupakan salah satu kuil yang terletak di dataran Angkor, Kamboja. Kuil ini dibangun oleh Raja Suryavarman II pada pertengahan abad ke 12. Pembangunan kuil ini memakan waktu selama 30 tahun. Angkor Wat terdiri atas sebuah bangunan tinggi dan beberapa bangunan kecil di sekitarnya.

Di dataran Angkor sebenarnya dipenuhi oleh banyak kuil, namun Angkor Wat merupakan kuil yang paling terkenal. Raja Suryavarman II yang beragama Hindu membangun kuil ini sebagai persembahan untuk dewa Wisnu. Salah satu ciri bahwa kuil ini adalah kuil hindu adalah dengan adanya menara utama yang melambangkan Gunung Meru. Menurut kepercayaan Hindu, gunung tersebut merupakan pusat seluruh kegiatan dan juga sebagai tempat tinggal dewa-dewi Hindu.

Halaman Kuil Angkor Wat dikelilingi oleh dinding dan terusan yang berfungsi sebagai penghadang. Dinding danterusan tersebut melambangkan Gunung Meru yang dikelilingi oleh dataran dan lautan.. Selain itu juga terdapat sebuah parit dan dinding yang dilukis indah mengelilingi lima kuil utama.


Untuk memasuki Kuil Angkor Wat ada sebuah gerbang. Pada gerbang tersebut terdapat lambang jembatan pelangi yang dalam kepercayaan Hindu berarti hubungan antara alam gaib dan alam nyata. Disepanjang dinding bangunan pertama terdapat relief yang bercerita tentang Raja Suryavarman II saat diangkat menjadi raja, relief tentang pasukan Khmer, serta relief tentang surga dan neraka. Selain itu juga terdapat patung Dewa Wisnu dengan delapan tangan yang menghiasi salah satu ruangan di bangunan pertama Angkor Wat.

Baca juga artikel ini :


·         7 KEAJAIBAN DUNIA TEMPO DULU
·         Tempat Terbasah Di Bumi
·         Titik Terendah Di Bumi
·         Tempat Terdingin Di Bumi
·         Tempat Terpanas Di Bumi
·         12 Keajaiban Bumi
·         Kuil Angkor Wat, Kamboja
·          

Patarsono

About Patarsono -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :