24 November 2011

Patarsono

12 Keajaiban Bumi

Bumi merupakan planet yang diciptakan Tuhan dengan cita rasa seni yang tinggi, dengan elemen-elemen yang sangat sempurna. Planet bumi telah dipasilitasi berbagai kekengkapan hidup yang sangat menakjubkan dengan pembentukan lingkungan yang begitu istimewa. Setiap detail dari penciptaan bumi, menimbulkan rasa kagum dan rasa syukur yang tak terhingga. Keseimbangan penciptaan bumi telah dirancang dengan ketelitian yang sangat tinggi. Adapun beberapa keajaiban keseimbangan bumi tersebut adalah sebagai berikut :

1. Gravitasi
Jika gravitasi lebih kuat, maka atmosfer bumi akan terlalu banyak menahan amonia dan metana yang merusak kehidupan. Jika gravitasi terlalu lemah, atmosfer bumi akan terlalu banyak kehilangan air, sehingga kehidupan tidak mungkin dapat berlangsung.

2. Jarak Bumi Dari Matahari
Jika terlalu jauh dari matahari, bumi menjadi sangat dingin, siklus air di atmosfer akan terpengaruh dan bumi akan terselimuti oleh es. Jika bumi terlalu dekat dengan matahari, tumbuhan akan terbakar, siklus air di atmosfer akan terganggu secara permanen, sehingga kehidupan tidak mungkin berlangsung.

3. Ketebalan Kerak Bumi
Jika kerak lebih tebal, maka terlalu banyak oksigen berpindah ke kerak, jika kerak terlalu tipis,  aktivitas vulkanik akan terlalu besar sehingga kehidupan tidak mungkin berlangsung.

4. Kecepatan rotasi Bumi
Jika rotasi terlalu lambat, perbedaan temperatur siang dan malam terlalu besar, jika rotasi terlalu cepat, kecepatan angin pada atmosfer terlalu tinggi dan topan badai yang terbentuk tidak memungkinkan kehidupan berlangsung

5. Medan magnet Bumi
Jka terlalu kuat, badai elektromagnetik yang sangat kuat akan timbul, jika terlalu lemah bumi akan kehilangan perlindungan terhadap partikel-partikel yang dilepaskan matahari.

6. Efek Albedo
Jika terlalu besar, jaman es akan terjadi dengan cepat, jika terlalu kecil efek rumah kaca akan menimbulkan pemanasan berlebihan. Pada awalnya bumi akan banjir oleh es yang mencair dan kemudian terbakar.

7. Perbandingan Oksigen Dan Nitrogen Di Atmosfer
Jika terlalu besar, fungsi-fungsi vital akan mengalami percepatan yang membahayakan dan jika terlalu kecil, fungsi-fungsi vital akan mengalami perlambatan yang juga membahayakan.

8. Perbandingan Karbondioksida dan Uap Air Dalam Atmosfer
Jika terlalu besar, atmosfer akan terlalu panas dan jika terlalu kecil, temperatur atmosfer akan jatuh

9. Ketebalan Lapisan Ozon
Jika lebih besar, temperatur bumi akan jatuh dan jika lebih kecil, temperatur bumi terlalu tinggi dan tidak ada perlindungan terhadap radiasi ultraviolet dari matahari.

10. Aktivitas Gempa
Jia terlalu besar, terjadi bencana terus-menerus bagi makhluk hidup dan jika terlalu kecil, sumber makanan di dasar laut tidak bisa menyebar di dalam air, akibatnya kehidupan di laut dan samudera serta seluruh makhluk hidup di bumi akan terancam.

11. Sudut Kemiringan Bumi
Sumbu bumi memiliki kemiringan 23 derajat terhadap bidang orbit. Sudut kemiringan inilah yang memungkinkan terjadinya musim-musim. Jika terlalu besar dan terlalu kecil maka ada musim panas yang sangat terik dan musim dingin yang mematikan.

12. Gaya Tarik Antar Bumi Dan Bulan
Jika lebih besar, akan menimbulkan dampak serius terhadap kondisi atmosfer bumi, kecepatan rotasi bumi dan pasang surut air laut dan jika lebih kecil akan terjadi perubahan iklim yang ekstrim.

Sumber : Disadur Dari Buku, Keajaiban Bumi Ku, oleh Dian Diana, S.PD dan Hilman Latief, S.PD

Baca juga :
·         7 KEAJAIBAN DUNIA TEMPO DULU
·         Tempat Terbasah Di Bumi
·         Titik Terendah Di Bumi
·         Tempat Terdingin Di Bumi
·         Tempat Terpanas Di Bumi
·         12 Keajaiban Bumi
·         Kuil Angkor Wat, Kamboja
·          

Patarsono

About Patarsono -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :