15 November 2011

Patarsono

Biografi Walter Houser Brattain


Biografi Walter Houser Brattain
Walter Houset Brattain adalah ahli fisika Amerika Serikat. Bersama dengan William Shockley dan John  Bardeen ia menemukan transistor pada 1947. Sembilan tahun kemudian (1956), ketiga ahli fisika itu menerima hadiah nobel untuk fisika karena mereka meneliti semikonduktor menemukan transistor. Ketiga orang itu adalah ilmuan yang bekerja pada pada laboratorium Telepon Bell.
Brattain lahir di Amoi, China pada 10 Februari 1902. Pada umur 22 tahun ia lulus dari Whitman College, Walla-walla, Washington. Dua tahun kemudian ia lulus dari universitas Oregon. Pada umur 27 tahun ia lulus dari Universitas Minnesota. Selama 38 tahun (1929-1967), ia bekerja sebagai ahli fisika riset di laboratorium Telepon Bell. Di tempat ini Brattain bertugas mempelajari semi konduktor.
Semikonduktor adalah penghantar listrik yang kurang baik mutunya jika dibandingkan dengan konduktor. Contoh kondukor adalah logam, contoh semikonduktor adalah silicon dan germanium. Brattain selalu bekerja sama dengan William Shockley dan John Bardeen. Pada 1947 (sumber lain mengatakan 1948), ketiga orang itu menemukan transistor (transfer resistor). Transistor adalah alat untuk memperkuat, mengatur dan membangkitkan sinyal listrik. Transistor banyak digunakan dalam radio, televise, computer, roket dan satelit. Sebelum1950, radio menggunakan tabung hampa, sesudah tahun tersebutorang lebih suka menggunakan transistor karena lebih ringan, lebih kecil, lebih awet, lebih tahan panas, lebih efisien, lebih hemat energy daripada tabung hampa. Penemuan transistor membuka lembaran baru sejarah elektronika.

Patarsono

About Patarsono -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :