12 December 2011

Patarsono

Gunung Tertinggi Di Bumi



Gunung Chimborazo adalah Gunung Tertinggi Di Bumi, namun jika diukur dari permukaan laut, maka gunung tertingi di bumi adalah Mount Everest, di Bagian Nepal – Tibet pegunungan Himalaya, dimana ketinggian gunung ini mencapai 29.035 kaki atau sekitar 9 kilo meter dari permukaan laut. Letak geografis gunung ini adalah pada 27⁰59’ Lintang Utara. Gunung ini masih terus-menerus bertambah tingginya sekitar 1 cm per tahun, hal ini disebabkan desakan lempeng bumi India kepada lempeng Asia.
Akan tetapi jika diukur dari dasar kaki gunung, maka Gunung Mauna Loa adalah gunung yang tertinggi di bumi. Gunung Mauna Loa berada di Hawai, memiliki ketinggian lebih dari 50.000 kaki atau sekitar 15,2 kilo meter dari dasarnya, yang berada di dasar lautan. Sementara dari permukaan laut, ketinggian gunung ini hanya sekitar 4.169 meter.
Sementara jika diukur dari pusat bumi, maka Gunung Chimborazo adalah gunung yang tertinggi di bumi, puncaknya Gunung Chimborazo lebih tinggi 2.150 meter dari puncak Mount Everest. Hal ini dapat terjadi karena letak Gunung Chimborazo adalah di sebelah selatan di sekitar daerah yang menonjol di Khatulistiwa yang terletak pada 01⁰28’ Lintang Selatan, dengan situasi yang demikian, gunung ini lebih menjulang dari pusat bumi dibandingkan dengan puncak Mount Everest, maka jika ingin lebih dekat menggapai bulan, puncak Gunung Chimborazo adalah tempatnya.

Baca juga artikel ini :


·         7 KEAJAIBAN DUNIA TEMPO DULU
·         Tempat Terbasah Di Bumi
·         Titik Terendah Di Bumi
·         Tempat Terdingin Di Bumi
·         Tempat Terpanas Di Bumi
·         12 Keajaiban Bumi
·         Kuil Angkor Wat, Kamboja
·          

Patarsono

About Patarsono -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :