19 April 2012

Patarsono

Dinosaurus Raksasa Berbulu Ditemukan di China

Ahli paleontologi China dan Kanada telah mengumumkan temuan baru dari spesies dinosaurus berbulu. Dinosaurus tersebut bernama Yutyrannus huali yang merupakan keluarga Tryannosaurus Rex atau biasa dikenal dengan T-Rex.


Dalam bahasa Latin dan Mandarin, Yutyrannus Huali ini memiliki makna, yaitu bulu yang indah. Xing Xu dari Institute of Vertebrate Paleontology and Paleoanthropology di Beijing mengatakan, "Kemungkinan bulu ini bisa tersebar lebih luas (di tempat lain), setidaknya ada di antara dinosaurus pemakan daging." ujarnya seperti dilansir Theregister, Kamis (5/4/2012).

Ahli paleontologi memprediksikan Yutyrannus Huali ini memiliki tinggi 10 meter dan berat 1.500 kg. Dengan berat yang mencapai lebih dari satu ton, menjadikan dinosaurus itu 40 kali lipat lebih berat dari dinosaurus besar yang sebelumnya telah dikenal yaitu Beipiaosaurus. Tim tidak hanya menemukan satu fosil Yutyrannus Huali, tetapi tiga spesimen lain yang hampir utuh dan diduga memiliki usia dewasa serta dua remaja.

Yutyrannus Huali ini ditemukan melalui fosil bulunya di timur laut China. Temuan ini sekaligus menjadikan dinosaurus berbulu itu sebagai binatang purba terbesar. Peneliti yakin Yutyrannus Huali bukan satu-satunya dinosaurus berbulu yang memiliki ukuran tinggi dan berat yang besar. Kemungkinan ada spesies lainnya yang belum ditemukan.

Untuk pertama kalinya ahli paleontologi menemukan fosil bulu binatang purba terbesar yang pernah ada di planet bumi. Sebelumnya, temuan dari para ahli di bidang fosil purbakala ini hanya terbatas pada hewan purba atau dinosaurus berukuran kecil yang mengalami kesulitan ketika menahan panas. Temuan ini juga memberikan pemahaman baru mengenai evolusi binatang berbulu yang pernah hidup pada 125 juta tahun yang lalu.
sumber

Patarsono

About Patarsono -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :