03 March 2014

Patarsono

Fakta Unik Tentang ke 8 Planet Tatasurya

Fakta Unik Semua Planet Di Tata Surya

1. MERKURIUS

Merkurius adalah planet terkecil di dalam tata surya dan juga yang terdekat dengan Matahari dengan kala revolusi 88 hari dan kala rotasi 59 hari dan juga tidak mempunyai satelit alami serta atmosfer.

Berikut Fakta Unik dari Planet Merkurius :

1. Medan Magnet
Pesawat luar angkasa Mariner10 mendeteksi adanya medan magnet di sekitar merkurius. Medan magnet ini mirip dengan medan magnet yang dimiliki oleh bumi yang berfungsi melindungi bumi dari angin matahari.
Akan tetapi jika Merkurius menjadi dingin maka Merkurius tidak lagi dapat menghasilkan medan magnet seperti bumi. Kalau begitu dari mana medan magnet tersebut berasal? Ini adalah pertanyaan besar yang berusaha dijawab oleh Messenger NASA.

2. Es
Kita tahu bahwa Merkurius jaraknya paling dekat dengan Matahari dibandingkan planet yg lain jadi disana suhunya pasti sangat panas.
Tetapi ada bagian pada permukaan Merkurius yang tidak panas yaitu bagian kawah yang berada disekitar kutubnya. Kutub tersebut selalu berada pada bayangan. Karena daerah ini bisa memiliki suhu 100 derajat di bawah nol. Jadi mungkin terdapat air berbentuk es yang telah berada disana selama jutaan tahun. Sekali lagi menemukan es di Merkurius adalah salah satu misi Messenger NASA.

3. Orbit
Orbit Merkurius berbentuk elips dengan jarak terdekat ke matahari sekitar 46 juta km dan jarak terjauh 70 juta km.
Planet ini menyelesaikan orbit mengelilingi matahari dalam waktu 88 hari dan melaju dengan kecepatan hampir 50 km per detik.

--------------------------------

2. VENUS

Meskipun Venus merupakan planet urutan kedua di tata surya ini, akan tetapi permukaan Planet Venus mencapai 900 derajat Fahrenheit.
Maka dari itu Venus dinobatkan sebagai planet terpanas di tata surya ini.

Berikut Fakta Unik dari Planet Venus :

1. Rotasi & Revolusi
Rotasi Venus berlangsung selama 243 hari di Bumi, sementara periode Revolusinya hanya 224,7 hari di Bumi.
Hal ini berarti, satu hari Venus berlangsung lebih lama dibandingkan satu tahun.

2. Arah Terbit
Venus berotasi searah Retrograd, artinya Venus berotasi dengan arah berlawanan rotasi Bumi. Sehingga di planet yang satu ini Matahari terbit di barat dan tenggelam di timur.

3. Tekanan
Tekanan udara di permukaan Venus sangat ekstrim, yaitu sekitar 90 kali lebih tinggi dari tekanan di permukaan di Bumi. Dengan kata lain, tekanan pada Venus hampir sama dengan tekanan air di Bumi yg jaraknya 1km dibawah laut.

--------------------------------

3. BUMI

Bumi adalah Planet ke 3 dari Matahari dan merupakan planet ke 5 terbesar dari planet-planet yang ada di sistem tata surya kita. 71% dari permukaan bumi ditutupi oleh lautan. Dan juga sekitar 400 miliar galon air digunakan di seluruh dunia setiap harinya.

Berikut Fakta Unik dari Planet Bumi ( Earth ) :

1. Bergerak
Anda merasa sedang berdiri dan tak bergerak. Tapi, sebenarnya manusia ikut bergerak cepat mengikuti rotasi bumi. Kecepatannya, tergantung anda berada di mana. Orang yang tinggal di garis khatulistiwa bisa bergerak paling cepat, bisa lebih dari 1.000 mil atau 1.600 kilometer per jam!
Orang yang tinggal di kutub tak bergerak. Bayangkan jika anda memutar bola basket di ujung jari anda. Titik bola yang ada di ujung jari anda hanya berputar di jari anda saja.
Tak hanya bergerak di porosnya, bumi juga mengitari matahari. Kecepatannya pun lumayan: 107.826 km per jam.

2. Debu Kosmik
Bumi selalu ditaburi debu dari langit. Setiap hari sekitar 100 ton bahan antarplanet (kebanyakan dalam bentuk debu) melayang turun ke permukaan Bumi. Partikel terkecil dilepaskan oleh komet saat es mereka menguap ketika mendekati matahari.

3. Gravitasi
Karena Bumi tidak berbentuk seperti bola yang bundar,maka massa yg didistribusikan tidak merata. Dan jika massanya tidak merata berarti gravitasinya pun tidak merata juga. Satu anomali gravitasi misterius berada di Teluk Hudson dari Kanada. Daerah ini memiliki gravitasi lebih rendah dari wilayah lain.

4. Terang
Dari kejauhan, Bumi terlihat lebih terang dibanding planet lainnya di galaksi Bimasakti. Hal ini terjadi karena sinar Matahari dipantulkan oleh samudera yang berada di Bumi ini.

5. Diameter
Diameter Planet Bumi di sepanjang Ekuator (Garis Lintang) adalah 12.756,1km. Jika kita bisa berkendaraan ke pusat bumi, maka jarak yang harus kita tempuh kira-kira sama dengan 55 kali bolak-balik Jakarta-Bandung.

-------------------------------------

4. MARS

Nama Mars diambil dari nama dewa perang bangsa Romawi.
Dan Planet Mars terletak pada jarak 227. 940. 000 km dari Matahari, yang mengelilingi matahari dengan orbit yang berbentuk elips.

Berikut Fakta Unik dari Planet Mars :

1. Atmosfer
Mars merupakan sebuah planet yang terdiri dari besi yang ditutupi oleh bebatuan dan lapisan atmosfer tipis yang terdiri dari =
*. Karbondioksida
*. nitrogen
*. Jejak Oksigen
Karena atmosfernya yang tipis maka suhu pada permukaan Mars pun tidak stabil atau sering mengalami kenaikan dan penurunan, bahkan akan berubah hingga 20 derajat dalam beberapa menit.

2. Satelit
Mars memiliki dua satelit kecil yang mengorbit sangat dekat dengan permukaannya.
Satelit pertama Mars adalah Phobos yang mengorbit pada jarak 9.000km dari permukaan Mars dan memiliki radius 11km.
Satelit kedua Mars adalah Deimos yang memiliki jarak 23.000 km dari permukaan Mars dan memiliki radius 6km.

3. Bobot
Gravitasi di Mars hanya 38 persen dibandingkan gravitasi di Bumi. Ini bisa membuat bobot tubuh orang yang berada di sana jadi lebih ringan ketimbang di Bumi. Misalnya, Anda memiliki bobot 150 kilogram di Bumi, bobot Anda akan berkurang menjadi 57 kilogram jika tinggal di Mars.

4. Gunung
Planet Mars memiliki gunung terbesar di sistem tata surya kita.
Gunung tersebut dinamakan "Olympus Mons" dan merupakan gunung yang tidak aktif. Tingginya 15.5 mil dengan diameter 372 mil. Sebagai perbandingan, tinggi Gunung Everest hanya sekitar 5 mil. Dan Planet Mars juga memiliki jurang terbesar di sistem tata surya kita yang disebut "Valles Marineris" dengan panjang 2500 mil dan kedalaman 4 mil.

-----------------------------------

5. JUPITER

Jupiter adalah planet terbesar berdasarkan volume dan massa di tata surya. Selain itu Jupiter sebenarnya memiliki cincin.
Hanya saja, cincin yang dimiliki Jupiter amat samar sehingga sulit terlihat bahkan dengan teleskop sekalipun.

Berikut Fakta Unik dari Planet Jupiter :

1. Rotasi
Satu hari di bumi berlangsung selama 24 jam. Tetapi Jupiter hanya memerlukan waktu kurang dari 10 jam (9 jam dan 55 menit) untuk melakukan rotasi.
Fakta ini bahkan lebih mengesankan menimbang ukuran Jupiter yang fantastis.

2. Radiasi
Planet dan benda angkasa bisa terlihat dari bumi karena memantulkan Cahaya (Radiasi) Matahari.
Sebagian besar planet mengandalkan cara ini agar bisa terlihat. Namun hal ini tidak berlaku untuk Jupiter.
Karena Jupiter mampu memancarkan Energi Radiasi sendiri.

3. Bulan
Sejauh ini, Jupiter memiliki 63 bulan, 4 bulan besar yang disebut Galilea ditemukan pada 1610 oleh Galileo Galilei. Bulan tersebut adalah Io, Europa, Ganymede dan Callisto. Ganymede adalah bulan terbesar berukuran 3.270 mil. Yang menarik adalah Io yang berisi gunung berapi, danau lava dan kaldera besar. Dan tidak hanya menjadi planet terbesar, Ganymede pun merupakan bulan terbesar di tata surya kita.

4. Cincin
Terdapat cincin yang mengitari Jupiter. Cincin utama debu yang tertinggal dari Meteoroid saat bertabrakan dengan empat bulan (Thebe, Metis, Adrastea dan Almathea).

-------------------------------------------

6. SATURNUS

Planet Saturnus terkenal dengan sistem cincin yang luar biasa indah yang mudah terlihat bahkan di teleskop kecil. Namun di luar cincin yang indah, sebagian orang belum mengetahui beberapa hal menarik tentang planet ini.

Berikut Fakta Unik dari Planet Saturnus :

1. Angin
Angin di planet ini bisa mencapai 1.100 mph, beberapa ratus mil per jam lebih cepat dari pada angin di planet Jupiter. Bandingkan dengan tornado terkuat dibumi yang hanya berkecepatan 300 mph.

2. Badai
Badai di Saturnus dapat berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Badai yang berumur panjang di Saturnus bernama "Dragon Storm" menciptakan mega petir yang kekuatannya 1.000 kali lebih kuat dari petir di Bumi.

3. Atmosfer
Tekanan atmosfer di Saturnus adalah lebih dari 100 kali lebih besar dari tekanan atmosfer Bumi. Tekanannya yang begitu kuat sehingga meremas gas menjadi cair. Ini akan menghancurkan setiap pesawat ruang angkasa buatan manusia.

4. Cincin
Cincin Saturnus terbuat dari miliaran bongkahan batu dan es. Cincin Saturnus pun jg terbuat dari bahan organik yang sama seperti dalam sayuran di Bumi.

-----------------------------------------

7. URANUS

Uranus adalah planet ke-7 dari Matahari, mengorbit pada jarak 2,88 miliar km. Tapi itu masih jauh lebih dekat daripada Neptunus, yang rata-rata jarak 4,5 miliar km dari Matahari. Selain itu Uranus adalah Planet yang berwarna Biru.

Berikut Fakta Unik dari Planet Uranus :

1. Sudut Kemiringan
Sudut kemiringan sumbu Uranus adalah 97 derajat, ini berarti bahwa kutub selatan Uranus mengarah lurus ke bumi.
Kemiringan ekstrim ini diyakini akibat objek seukuran bumi menabrak Uranus miliaran tahun lalu saat pembentukannya.
Karena kemiringannya yang unik itu, jadi hari malam pada salah satu kutub bisa berlangsung hingga 21 tahun.
Ini berarti bagian planet tersebut tidak akan menerima cahaya matahari selama kurun waktu itu.

2. Atmosfer
Atmosfer di planet ini terdiri dari Hidrogen, Helium, dan Metana.
Metana menyerap semua cahaya merah yang diterima dari matahari dan memantulkan sinar biru. Inilah yang membuat Uranus tampak berwarna kebiruan.

3. Suhu
Suhu rata-rata permukaan Uranus adalah -224 °C, membuatnya menjadi planet terdingin di tata surya.

---------------------------------------------

8. NEPTUNUS

Neptunus merupakan salah satu objek paling menarik dalam tata surya kita. 
Planet ini memiliki banyak kesamaan dengan tetangga terdekatnya yaitu Uranus dan Jupiter.

Berikut Fakta Unik dari Planet Uranus :

1. Bulan
Neptunus mempunyai bulan terbesar yaitu Triton, tetapi orbit Triton terhadap Neptunus dalam arah yang berlawanan dengan rotasi planet.
Ini adalah bulan terbesar di Tata Surya yang melakukan hal ini.

2. Orbit
Neptunus memerlukan waktu panjang untuk melakukan satu putaran orbital.
Waktu yang dibutuhkan Neptunus mengorbit matahari adalah 165 tahun, hal ini terjadi Karena letaknya jauh dari matahari.

Patarsono

About Patarsono -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :