16 April 2014

Fenomena Gerhana Bulan

Iklan

Gerhana bulan dapat terjadi apabila posisi antara matahari, bulan dan bumi berada dalam satu garis lurus. Fenomena ini jarang terjadi namun pada Selasa (15/4/2014) waktu Indonesia terjadi Fenomena gerhana Bulan total. 

Di Amerika Serikat, seluruh periode gerhana bisa dilihat. Sayangnya,  di Indonesia tidak seluruh wilayah dapat melihat gerhana tersebut. Hanya wilayah Indonesia timur yang bisa melihatnya, Itu pun hanya tahap akhir gerhana.

Walau tak bisa mengamati secara langsung fenomena ini, bukan berarti warga Indonesia tak bisa melihat Bulan saat berwarna merah karena tak menerima cahaya Matahari sama sekali. Teknologi informasi dan kemudahan manusia untuk berbagi lewat media online saat ini memungkinkannya.

Fenomena yang oleh banyak media barat disebut dengan "bloody moon" ini bisa dilihat dalam rekaman video yang beredar di YouTube atau situs seperti Slooh.com. Salah satu video yang bisa dilihat adalah dari Griffith Observatory, Los Angeles, dan NASA. Berikut ini videonya. 


Gerhana Bulan terjadi ketika Bumi berada di antara Matahari dan Bulan. Karena tertutup Bumi, Bulan tak menerima sinar Matahari. Akibatnya, Bulan yang biasanya berwarna putih berubah menjadi merah.

Gerhana Bulan terdiri dari beberapa tahap, dimulai dari kontak awal penumbra, kontak awal umbra, puncak gerhana, kontak akhir umbra, dan kontak akhir penumbra. Umbra adalah bayang-bayang inti Bumi saat gerhana Bulan. Penumbra adalah bayang-bayang tambahan.

Satu fenomena gerhana Bulan total selalu terdiri dari gerhana Bulan total itu sendiri dan gerhana Bulan sebagian, serta gerhana Bulan penumbra. Ini terkait dengan pergerakan Bulan saat terjadi fenomena gerhana tersebut.

Saat Matahari, Bumi, dan Bulan benar-benar segaris, atau saat puncak gerhana, fenomena gerhana Bulan total akan terlihat. Ketika Matahari, Bumi, dan Bulan sudah tak segaris tetapi Bulan masih berada di area umbra, gerhana Bulan sebagian akan terlihat.
Terimakasih Atas Kunjungannya
Judul: Fenomena Gerhana Bulan
Ditulis oleh Patarsono
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Fenomena Gerhana Bulan
Semoga artikel Fenomena Gerhana Bulan ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Iklan

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © Nama Blog Anda