30 May 2014

Patarsono

30 Spesies Bunga Raflesia

Bunga Rafflesia spesies kerrii
Bunga Raflesia pertama sekali ditemukan oleh Dr. Joseph Arnold tahun 1818 di hutan hujan Indonesia. Nama Raflesia diambil dari pemimpin Ekspedisi waktu itu yaitu : Thomas Stamford Raffles.  Tumbuhan ini tidak memiliki batang, daun ataupun akar yang sesungguhnya. Rafflesia merupakan endoparasit pada tumbuhan merambat dari genus Tetrastigma (famili Vitaceae), menyebarkan haustoriumnya yang mirip akar di dalam jaringan tumbuhan merambat itu. Satu-satunya bagian tumbuhan Rafflesia yang dapat dilihat di luar tumbuhan inangnya adalah bunga bermahkota lima. Pada beberapa spesies, seperti Rafflesia arnoldii, diameter bunganya mungkin lebih dari 100 cm, dan beratnya hingga 10 kg. Bahkan spesies terkecil, Rafflesia manillana, bunganya berdiameter 20 cm. Bunganya tampak dan berbau seperti daging yang membusuk, karena itulah ia disebut "bunga bangkai" atau "bunga daging". Bau bunganya yang tidak enak menarik serangga seperti lalat dan kumbang kotoran, yang membawa serbuk sari dari bunga jantan ke bunga betina. Sedikit yang diketahui mengenai penyebaran bijinya. Namun, tupai dan mamalia hutan lainnya ternyata memakan buahnya dan menyebarkan biji-bijinya. Rafflesia adalah bunga resmi negara Indonesia, begitu pula provinsi Surat Thani, Thailand.
Bunga Raflesia berbeda dengan bunga bangkai. Nama Latin untuk bunga raflesia adalah Rafflesia sp. sedangkan nama Latin untuk bunga bangkai adalah Amorphophallus sp.

ciri-ciri bunga Rafflesia 
- tidak memiliki akar, tangkai maupun daun
- bunga memiliki 5 mahkota
-

Banyak sekali jenis bunga raflesia, semua ditemukan  di Asia Tenggara, di semenanjung Malaya, Kalimantan, Sumatra, dan Filipina.
Berikut ini beberapa spesies bunga raflesia :
    1. Rafflesia arnoldii
    2. Rafflesia azlanii
    3. Rafflesia baletei
    4. Rafflesia banahawensis
    5.  Rafflesia bengkuluensis
    6.  Rafflesia cantleyi
    7. Rafflesia gadutensis
    8. Rafflesia hasseltii
    9. Rafflesia keithii
   10.  Rafflesia kerrii
    11. Rafflesia leonardi
    12. Rafflesia lobata
    13. Rafflesia manillana
    14. Rafflesia micropylora
    15. Rafflesia mira
    16. Rafflesia panchoana
    17. Rafflesia patma
    18. Rafflesia pricei
    19. Rafflesia rochussenii
    20. Rafflesia schadenbergiana
    22. Rafflesia speciosa
    23. Rafflesia tengku-adlinii
    24. Rafflesia tuan-mudae
    25. Rafflesia verrucosa

Spesies yang tidak diverifikasi

   27.  Rafflesia borneensis
    28. Rafflesia ciliata
    29. Rafflesia titan
    30. Rafflesia witkampii

Patarsono

About Patarsono -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :