15 May 2014

Patarsono

Taksonomi Dan Identifikasi Ikan Mas Komet

Taksonomi Dan Identifikasi Ikan Mas Komet
Filum                : Chordata
Super kelas       : Pisces
Kelas                 : Osteichthyes
Ordo                  : Cypriniformes
Famili                : Cyprinidae
Genus                 : Carassius
Spesies               : Carassius auratus

gambar ikan mas komet
Ikan Mas Komet (Carassius auratus) merupakan anggota dari kelas osteichthyes karena tulang sejati. Tubuh terbagi atas caput, truncus, dan caudal. Tubuh tertutup sisik dengan tipe ctenoid. Tipe caudalnya yaitu homocercal karena membulat. Bernapas dengan menggunakan insang yang terlindungi oleh operkulum. Terdapat pinna dorsalis, pinna pectoralis, pinna ventralis, dan pinna annalis. Memiliki tipe linea lateralis yang lurus. Tidak terdapat gigi pada rahang. Pneumatocyst terabgi menjadi 2.

Habitat Ikan Mas Komet (Carassius auratus) ada di air tawar. Biasa digunakan sebagai ikan hias. Sistem pencernaan dengan rahang yang tidak bergigi. Terdapat lidah kecil pada dasar ruang mulut yang membantu pernapasan. Faring dengan insang pada kedua sisinya. Makanan masuk terus ke faring menuju ke esofagus, terus ke lambung. Lambung dari usus dipisahkan oleh sebuah katup, sehingga jalur pernapasan dan makanan tidak bercampur.

Sistem sirkulasinya dengan memiliki jantung beruang dua yang terletak di bawah faring dalam ruang perikardial. Darah masuk ke sinus venosus lalu ke aurikel terus ke ventrikel, terus ke konus anterior lalu ke aorta ventral terus ke cabang-cabang arteri aferen lalu ke kapiler-kapiler dalam filamen-filamen panjang dan mendapat oksigen.

Sistem respirasi dengan menggunakan sepasang insang pada kedua sisinya yang terlindung oleh operkulum. Insang terdiri dari 2 baris filamen insang. Tiap filamen mempunyai kapiler-kapiler diantara cabang-cabang arteri aferen dan eferen.

Sistem ekskresi berupa organ ginjal 2 buah, berwarna hitam yang terletak diantara gelembung udara dan vertebrae. Pengeluaran hasil ekskresi melalui saluran kloaka. Sistem reproduksi dimana pembuahan terjadi secara internal serta memiliki kelamin yang terpisah.

Baca juga artikel ini :

Patarsono

About Patarsono -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :