27 December 2015

Patarsono Tinambunan

METODE PEMBUATAN ANTI BISA ULAR / SERUM BISA ULAR

Racun ular sangat berbahaya,memicu manusia untuk membuat penangkalnya. Penangkal racun ular yang disebut dengan antiracun atau antivenin dihasilkan dengan metode ‘Horse Serum (Serum Kuda)’. 
Serum Anti Bisa Ular (Polivalen) Kuda (1)
Deskripsi
- Nama & Struktur Kimia : Serum anti bisa ular polivalen (kuda)
- Sifat Fisikokimia : -
- Keterangan : Serum polivalen yang berasal dari plasma kuda yang dikebalkan terhadap bisa ular yang memiliki efek neurotoksik (ular jenis Naja sputatrix - ular kobra, Bungarus fasciatus - ular belang) dan hemotoksik (ular Ankystrodon rhodostoma - ular tanah)

Antivenom (atau antivenin atau antivenene) merupakan produk biologi yang digunakan dalam pengobatan berbisa gigitan atau sengatan. Antivenom dibuat oleh memerah racun dari yang diinginkan ular , laba-laba atau serangga . Racun tersebut kemudian diencerkan dan disuntikkan ke dalam kuda , domba atau kambing . Binatang subjek akan menjalani reaksi kekebalan terhadap racun, menghasilkan antibodi terhadap molekul aktif racun itu yang kemudian dapat dipanen dari darah binatang itu dan digunakan untuk mengobati envenomation . Secara internasional, antivenoms harus sesuai dengan standar farmakope dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)
Horse Serum : Racun ular disuntikkan kedalam tubuh kuda, secara berlahan akan terbentuk anti bodi terhadap racun ular tersebut. Serum dipisahkan dari darah kuda.
Namun sepertiga penerima serum kuda mengalami reaksi alergi.Oleh karena itu perlu prosedur standard untuk menuji kepekaan serum sebelum diberikan kepada penderita gigitan ular.
Selain untuk memproduksi antivenin, bisa ular ternyata dapat digunakan untuk bidang kesehatan dan kedokteran lain, seperti :
  • .Racun Ular Copperhead : Mengobati penderita kanker payudara
  • Racun Malayan Pit Viper: Dimanfaatka untuk mencegah pembekuan darah, mungkin bermanfaat untuk penderita sroke
  • Enzim racun Kobra: sedang diteliti untuk mencegar penyakit Parkinzon, Alzeimer, serta leukemia dan kanker.
  • Racun Ular Viper: Diduga dapat mengatasi osteoporosis dan memperkecil tumor tertentu
  • Beberapa jenis ekstrak bisa ular digunakan untuk antikoagulan, penyakit, mengobati penyakit jantung atau darah tinggi.

Patarsono Tinambunan

About Patarsono Tinambunan -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :