08 September 2017

Patarsono Tinambunan

BIOGRAFI GEORGE A. OLAH



 Hasil gambar untuk GAMBAR GEORGE A. OLAH
GEORGE A. OLAH
(Peraih Nobel Tahun 1994)
George A. Olah lahir tanggal 22 Mei 1927 di Budapest, Hongaria. Ia anak Julius Olah dan Magda Krasznai. Ayahnya seorang pengacara. George dibesarkan di antara dua perang dunia. Ia memperoleh pendidikan umumyang agak lengkap, jenis sekolah yang disukai anak-anak kelas menengah pada sebuah negara yang sistem pendidikannya berakar pada Kerajaan Austro-Hongaria. Ia bersekolah di Gymnasium (gabungan SLTP daqn SMU) di salah satu sekolah terbaik di Budapest yang dipimpin Pendeta Piarist, sebuah Ordo Katolik Roma.
                Setelah lulus dari SMU dan bertahan di tengah kehancuran perang di Budapest (dan menyadari kesulitan menghadapi hidup di sebuah kota kecil dan terkoyak akibat perang), ia mulai  mempelajari kimia setelah masuk ke universitas, tertarik dengan keragaman yang ditawarkannya. Kelas-kelas di Technical University of Budapest relatif kecil.
                Pada saat yang sama, pelajaran di laboratorium itu menyeluruh. Misalnya, di laboratorium organik ia melakukan sekitar 40 persiapan Gatterman. Jelas kegiatan itu menjadi dasar yang kokoh. Secara khusus, kimia organik mempesona dan ia beruntung karena kemudian menjadi nasisten peneliti Profesor Geza Zemplen, seorang profesor senior kimia organik di Hongaria, yang juga adalah murid Emil Fischer  di Berlin.
                Di Hongaria ia mendirikan sekolah bereputasi di bidang kimia organik. Sebagaimana Fischer, ia juga mengharapkan murid-muridnya bekerja dengan caranyasendiri dan bahkan mendapatkan keisti8mewaan untuk melakukan penelitian di laboratorium.








Patarsono Tinambunan

About Patarsono Tinambunan -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :