08 September 2017

Patarsono Tinambunan

BIOGRAFI RUDOLPH A. MARCUS

Hasil gambar untuk GAMBAR RUDOLPH A. MARCUS

RUDOLPH A. MARCUS
(Peraih Nobel Tahun 1992)
Ibunya biasa membawanya berjalan-jalan dengan kereta bayi di sekitar kampus ketika ia tinggal di lingkungan tersebut, dan seperti ia kenang bertahun-tahun kemudian, ia mengatakan bahwa ia akan masuk ke Mc Gill. Maka keterlibatannya yang pertama dengan Mc Gill University adalah ketika Rudolph masih di kereta bayi. Ada beberapa tanda pendahuluan bahwa ia akan masuk ke universitas itu, karena dua abang ayahnya memperoleh gelar M.D di Mc Gill.
                Selama di Mc Gill, Rodolph mengambil sejumlah kuliah matematika, lebih banyak daripada yang diambil mahasiswa kimia lain. Setelah menerima gelar Ph.D. dari Mc Gill University tahun 1946,  ia mengikuti program pascadoktoral baru di National Research Council of Canada di Ottawa. Program do NRC ini kemudian menjadi terkenal, tetapi pada saat itu masih “bayi” dan jabatannya adalah staf peneliti yunior. Kelompok fotokimia diuketuai E.W.R. Steacie, tokoh internasional dalam studi reaksi-reaksi radikal bebas dan tokoh utama dalam pengembangan program penelitian dasar di NRC. Rudolph memperoleh keuntungan dari kualitas penelitiannya tentang peringkat reaksi fase gas.
                Seperti penelitiannya tentang peringkat reaksi kimia dalam larutan di Mc Gill (kinetika nitrasi), penelitia itu bersifat eksperimen. Tak ada ahli kimia teori di Kanada pada saat itu. Sebagai mahasiswa ia tidak berpikir pernah memikirkan bagaimana atau di mana teori-teori disusun. Tahun 1930-an ia telah merumuskan sebuah kasus khusus tentang apa yang kemudian disebut B. Seymour Robinovitch sebagai teori RRKM (“Rice-Ramsperger-Kassel-Marcus”).
                Dalam teori itu ia menggabungkan gagasan statistik dari teori RRK pada tahun 1920-an dengan gagasan teori keadaan transisi pada pertengahan tahun 1930-an. Penelitian ini dipublikasikan tahun 1951. Tahun 1952 ia menulis generalisasi teori itu untuk reaksi-reaksi lain.Selain itu, 6 bulan sesudah kedatangannya di Chapell Hill, ia juga mendapat karunia berupa pernikahannya dengan Laura Hearna, seorang mahasiswa graudate yang menarik di bidang sosiologi di UNC.
                Rudolph menjalani program penelitian eksperimen, baik tentang fase gas maupun tingkat reaksi larutan. Tahun 1952 ia menulis makalah RRKM, dan bertanya-tanya Apa yang akan di lakukan selanjutnya dalam bidang penelitian teori. Pada saat itu ia merasa tidak berguna melanjutkan RRKM karena hanya sedikit data eksperimen yang tersedia. Beberapa eksperimennya dimaksudkan untuk menghasilkan lebih banyak data itu. Setelah bagian-bagian ringan dari penelitian teori yang ia kerjakan, seorang mahasiswa dari kelas mekanika statistik yang ia ajar menarik perhatiannya ke bidang polielektrolit. Setelah membaca segala yang bisa di baca tentang elektrostatistik, ia menulis dua makalah tentang topik itu pada tahun 1954-1955.
                Latar belakang elektrostatistik ini membuatnya siap sepenuhnya pada tahun 1955 untuk menangani sebuah masalah yang baru ia baca tentang  perpindahan elektron. Rudolph memberikan komentar tentang penelitian perpindahan elektron pada periode berikutnya, dalam pidato Nobelnya.
                Rudolph menghabiskan waktu setengah tahun selama periode 1960-1961 di Courant Mathematical Institute di New York University, memberikan banyak kuliah di sana (yang sebagian di luar bidangnya, tetapi sangat instruktif). Tahun 1964 ia bergabung dengan staf pengajar University of Illinois di Urbana Champaing dan di sana ia tidak pernah melakukan eksperimen lebih lanjut. Di Illinois, minatnya pada perpindahan elektron berlanjut, bersama dengan minat pada bidang-bidang lain.
                Tahun akademik 1975-1976 ia lewatkan di Eropa, pertama sebagai Profesor Tamu di University of Oxford yang kemudian sebagai penerima penghargaan Humboldt di Technical University of Munich, tempat ia pertama kali berkenalan dengan masalah perpindahan elektro dalam fotosintesis. Tahun 1978  ia memperoleh tawaran dari California Institute of Technology datang ke sana sebagai Profesor Arthur Amos Noyes bidang Kimia. Selingannya yang semi klasik pada tahun 1970-1980 secara intelektul adalah karya yang sangat merangsang, tetapi lebih sedikit melibatkannya dalam interaksi dengan eksperimen-eksperimen dari pada karyanya terdahulu tentang tingkat reaksi unimolekuler atau perpindahan elektron.
                Penghormatan-penghormatan yang ia peroleh dalam bidang karya teoritis mencakup Penghargaan Irving Langmair dan Peter Debye dari American Chemical   Society (1978, 1988), Medali Willard Gibbs, Theodore William Richards dan Pauling, serta Penghargaan Resmen dan Edgar Fash, dari berbagai divisi American Chemical Society (1988, 1990, 1991, 1991, 1991), Medali National Academy of Sciense (1989) Hadiah Hirschfelder bidang Kimia (1993), terpilih dalam National Academy of Sciences (1970), American Academy of Arst and Sciences (1973), American Philosophical Society (1990), anggota kehormatan Royal Society of Chemistry (1991), dan anggota mancanegara Royal Society (London) ( 1987) dan Royal Society of Canada (1993). Gelar-gelar kehormatan diberikan oleh Universitas Chacigo  dan Goteborg, Politeknik Mc Gill dan Queen`s University juga University of New Brunswick (1983, 1986, 1987, 1988, 1993, 1993). Tema peringatan Journal of Physical Chemistry diterbitkan pada tahun 1986.    

Patarsono Tinambunan

About Patarsono Tinambunan -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :